My Photo
Name:
Location: Jakarta, Jakarta Selatan, Indonesia

life is for joy and make friends

Tuesday, January 20, 2009

ULANGTAHUNPERKAWINANKAMI

YANG KE 41


rahmat ali


Ulangtahunperkawinanku dengan tidak terasa telah mencapai yang ke 41. Sungguh cukup lama dan cukup langgeng juga jika diukur sejak 15 Januari 1968 yang telah lama berlalu. Empat anak berturut-turut kemudian lahir. Dari mereka para lima cucuku menyusul lahir. Setelah duduk sebagai murid di sekolah masing-masing yang sudah agak besar tiga dari mereka bukan saja pandai bicara namun juga menyadari betapa beberapa tahun yang lalu saat masih balita betapa mereka begitu keraskepala dan juga lucu-lucu menggelikan. Kami yang tua-tua harus mau mengalah terhadap versi-versi pikiran mereka yang kemudian tertawa-tawa ramai begitu jadi menyadari (cucu no 1, smp, yg no 2, klas 5, no 3 klas 3, no 4 klas 2).

Saat meniup lilin ulangtahunperkawinan dan saya sempatkan mencium istri, cucu-cucuku juga bersorak sambil mengucap bahwa saya dan istri kok meniru-niru anakmuda saja. Pakai peluk dan cium-cium segala. Aku jadi ikut-ikut tertawa geli sebagai jawaban tanggapan mereka.

Karena ulangtahunperkawinan ke 41 maka di mejamakan tersedia berbagai macam makanan, mulai dari satepadang, puyonghai, tahucampur, gudeg, krecek, konro, rawon, rujakcingur dan lain-lain. Di kamar, tvlamaku diganti tvplasma ukuran panjang 60 senti lebar 40 senti pembelian anakku kedua. O senang dan bahagiaku bukan main menyaksikan anak-anak dan cucu-cucuku ramai di mejamakan.

Ulangtahunperkawinankami yang sekarang ditandai dengan terkilirnya pergelangantangankiriku akibat licinnya lantai belakang rumah sebelah dapur setelah diguyur hujan lebat. Aku berurut di Haji Naim di Cipete. Sudah empat kali urut dan belum pulih-pulih juga. Namun tidaklah begitu parah dan insya Allah akan sembuh. Lihat waktu mandi di kolam hangat, tangankiriku masih terbalut perban dikelilingi para cucu.

Menjalani hidup perkawinan selama 41 tahun bukannya tanpa problema. Banyak juga pahitnya namun mampu kami atasi dengan baik. Sekarang kami tinggal menyaksikan perkembangan para cucu. Mereka adalah generasi penerus untuk masa mendatang.

Jkt 15 januari 2009

0 Comments:

Post a Comment

<< Home